SELAMAT DATANG DI BLOG PUSKESMAS WANASARI DINKES KAB. BEKASI

Sabtu, 06 Agustus 2011

PEMBINAAN DOKTER KECIL

16/7. KAPUS, dr. Erni Herdiani bersama dua Dokcil terpilih.

Semangat upaya promotif dan preventif, Puskesmas Wanasari mengadakan pelatihan Dokter Kecil yang bertujuan meningkatkan upaya kesehatan pada anak sekolah. Diselenggarakan Pelatihan dokter kecil selama 2 hari tanggal 14 Juli-15 Juli.

Materi yang diberikan adalah mengenai Kesehatan Lingkungan, kebersihan perorangan, Kesehatan Pribadi, Gizi, Kesehatan Gigi dan mulut, Pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), Pengenalan dan Pencegahan Penyakit, Imunisasi, Kesehatan mata, Penyalah gunaan NAPZA, Pengenalan dini Resiko Bencana dan Tekhnik Komunikasi. Selain diberikan materi secara teori, juga diberikan kesempatan simulasi dan praktek.
Pada Pelatihan ini dilakukan Pre Test dan juga Post Test. dari hasil yang didapat disaring 10 terbaik yang kemudian dilakukan test melakukan penyuluhan, kemudian dipilih 2 terbaik Dokcil dari Wanasari.

26/7.Dokcil binaan PKM Wanasari di Lomba Dokcil Tk. Kabupaten
Dana bersumber dari BOK (Biaya Operasional Kesehatan) dan tenaga pengajar adalah adalah petugas kesehatan di Puskesmas Wanasari yaitu drg. Diana Gustinawati, Sarmawati Tambunan (pemegang program UKS), Setia Linda, Sumiyati, Marly Apandi.  Peserta terdiri dari masing 2 orang dari seluruh 31 SD yang ada di wilayah kerja Puskesmas berjumlah 62 orang.

Pelatihan ini juga ditujukan untuk mempersiapkan diri menghadapi Lomba Dokcil Tingkat Kabupaten tanggal 26 Juli dari 2 orang Dokcil yang terpilih. Pada kesempatan ini, wakil dari PKM Wanasari yaitu Aslam dari SDIT Fitrah Haniah, dan Tia Sumarni dari SDN Cibuntu 04 berhasil meraih juara III tingkat Kabupaten dan Juara Harapan III.

Kepala Puskesmas Wanasari, dr. Erni Herdiani mengatakan, pembinaan Dokcil ini harus dilakukan secara kontinyu dan mendapat perhatian lebih. Setelah ini rencananya akan diadakan pembinan UKGS berupa sikat gigi massal di SD dan SMP  yang ada di wil kerja Wanasari  sebagai upaya peningkatan  upaya kesehatan anak sekolah secara menyeluruh. (EH)

0 komentar:

Posting Komentar