SELAMAT DATANG DI BLOG PUSKESMAS WANASARI DINKES KAB. BEKASI

Rabu, 18 Mei 2011

PROFIL PUSKESMAS WANASARI YANG BARU DI 2011




Puskesmas Wanasari mempunyai wilayah kerja di Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi, melayani 2 Desa dan 1 Kelurahan yakni Desa Cibuntu dan Desa Wanajaya serta Kelurahan Wanasari, yang terdiri dari 15,26 km2 dengan jumlah penduduk 161.350 jiwa. 

Dalam wilayah kerja Puskesmas Wanasari terdapat 368 RT dan 77 RW yang tersebar. Dengan sekian banyaknya penduduk dan penyebarannya yang tidak merata, di mana kepadatan penduduk terkonsentrasi di wilayah kelurahan Wanasari, menyebabkan beberapa permasalahan dan tantangan yang harus dihadapi.
Peta Wil Kerja PKM Wanasari

Puskesmas Wanasari mempunyai visi misi yang baru, yang bersama2 ditetapkan dalam acara Synergi Building yang diadakan di Hotel Green Hill Cianjur pada tanggal 14 Maret 2011, yaitu terwujudnya masyarakat mandiri untuk hidup sehat dengan pelayanan yang profesional.

Synergy Building

Dari visi tadi, Puskesmas Wanasari betekad di tahun yang baru ini memberikan pelayanan yang excellent dari sisi kuratif dan mendorong upaya kemandirian masyarakat dalam hidup sehat melalui upaya promotive dan prefentif. Dari sisi kuratif, kami berupaya memberikan pelayanan yang paripurna sesuai dengan kemampuan yang ada. 


Pelayanan yang dapat kami berikan adalah pelayanan kesehatan umum, kesehatan ibu dan anak, kesehatan gigi, laboratorium dan pelayanan konseling baik kesehatan reproduksi, kesehatan remaja, lansia, gizi dan khusus IMS (infeksi Menular Sexual) di Konseling Rafflesia, selain itu kami juga mempunya klinik MTBS dan MTBM. Pelayanan ini terpusat di Puskesmas kami yang terletak di Jalan Bosih Raya  Kecamatan cibitung Kabupaten Bekasi buka setiap hari kerja senin sampai sabtu.

Selain itu, untuk dapat memberikan pelayanan yang merata dan terjangkau dari segi posisi, kami juga memberikan pelayanan di Puskesmas Pembantu yang terletak disamping Kelurahan Wanasari setiap hari Senin sampai Jum’at. Sedangkan untuk menjangkau wilayah lain yang agak jauh dari Puskesmas maupun Pustu, kami juga menyediakan pelayanan Puskesmas Keliling dengan mobil Pusling, terutama ke wilayah Desa Cibuntu dan Desa Wanajaya. Setiap hari senin dan kamis di tempat yang berbeda2. 
Program Dokcil
Dalam waktu dekat akan berdiri  Puskesmas Pembantu di desa Cibuntu, yang saat ini pembangunannya sedang berlangsung agar dapat melayani masyarakat yang ada di wilayah Cibuntu.

dr.Erni Herdiani. Kepala PKM

Selain itu kami juga mempunyai sebuah Polindes di Desa Wanajaya, yang saat ini keadaannya sangat memprihatinkan, dan tidak layak pakai, sehingga dalam waktu dekat ini kami beserta Kepala desa wanajaya beserta jajarannya akan bekerja sama mengaktifkan Polindes tersebut.
Dalam memberikan upaya pelayanan tersebut, baik kuratif maupun promotive dan prefentif, kami didukung oleh SDM  yang mendukung upaya kuratif yang terdiri dari 3 orang dokter umum, 1 orang dokter gigi, 17 orang bidan, 8 orang perawat, 1 tenaga analis, 1 tenaga nutrisionis.
Sedangkan untuk upaya promotif, dikarenakan tenaga khusus fungsional ke arah sana belum tersedia, kami melakukan subsidi silang tenaga dan pembagian tugas untuk upaya promotif dengan memegang beberapa program. Sedangkan untuk manajemen dan kesekertariatan Puskesmas Wanasari dipimpin oleh seorang Kepala Puskesmas yaitu seorang dokter umum, sedangkan kesekertarian dipegang oleh 1 tenaga TU yaitu seorang Sarjana Kesehatan masyarakat. 

Minggon Kecamatan Rutin Setiap Hari Rabu
Kesling . CTPS
Dalam perannya di upaya promotif, terdapat beberapa sub divisi, diantaranya adalah divisi promosi kesehatan, kesehatan lingkungan, gizi, P2M (pencegahan penyakit menular) yang membawahi P2TB (TBC&Kusta), ISPA Diare, dan Imunisasi. Selain itu terdapat beberapa program penunjang yaitu kesehatan mata, lansia, UKS (Usaha Kesehatan sekolah), Kesehatan Olah raga, Kesehatan jiwa, Kesehatan Kerja, pembinaan SPKDS (Sarana  Pelayanan Kesehatan Dasar Swasta) dan Perkesmas.

POSYANDU
Dalam tugasnya kami juga membina kerjasama lintas sektoral dengan pemerintah setempat yaitu dengan Kecamatan dan Desa / Kelurahan setempat, dengan selalu menghadiri Minggon yang diadakan tiap minggu di kecamatan serta membina hubungan baik dengan RT maupun RW yang ada.
Selain itu kami juga dibantu oleh 98 Posyandu yang ada di seluruh wilayah kerja Puskesmas Wanasari dengan 663 orang kader Posyandu.



1 komentar:

sharing ilmu pengetahuan mengatakan...

lebih dikembangkan lagi donk websitenya.
tlong diupdate berita" terbaru

Posting Komentar