SELAMAT DATANG DI BLOG PUSKESMAS WANASARI DINKES KAB. BEKASI

Jumat, 03 Juni 2011

PERTEMUAN DAN PEMBINAN KADER POSYANDU

Seksi Promosi Kesehatan Puskesmas Wanasari

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) adalah upaya kesehatan berbasis masyarakat yang menjadi akar bagi segala upaya kesehatan. Di  Wilayah kerja Puskesmas Wanasari terdapat 94 Posyandu yang tersebar di 2 desa dan 1 kelurahan. Penyebarannya masih belum merata dan jumlah kader yang ada masih belum memadai.

Namun demikian beberapa upaya sedang diupayakan agar Posyandu yang ada di Puskesmas Wanasari dapat semakin meningkat stratanya dan kader serta upaya program posyandu dapat ditingkatkan kembali.

Selama ini asumsi yang ada adalah Posyandu merupakan milik dan fasilitas dari Puskesmas, padahal sesungguhnya Posyandu adalah milik bersama dan upaya bersama dari masyarakat dengan Puskesmas dan PKK sebagai pembina dan fasilitatornya. leh karena itu upaya peningkatan Posyandu adalah tanggung jawab bersama.



Di setiap tanggal 26 pada akhir bulan, Puskesmas Wanasari mengadakan pertemuan kader yang diadakan secara rutin, membicarakan mengenai segala upaya peningkatan Posyandu. Pada kali ini tanggal 26 Mei 2011, materi yang diberikan adalah mengenai CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) dan tentang pembinaan Posyandu dari sarana Pelayanan Kesehatan Dasar Swasta (SPKDS). Yang mana SPKDS merupakan CSR (Coorporate Social Responsibility) dari praktek dokter, drg, bidan, balai kesehatan dalam pembinaan Posyandu setiap bulannya. diwajibkan bagi SPKDS membina 2 Posyandu di sekitarnya dengan berupa pemberian dana rutin revitalisasi Posyandu sebesar Rp.25.000,- atau berupa PMT (Pemberian Makanan Tambahan) atau berupa tenaga kesehatan di meja ke 5 Posyandu.

Selain itu diberikan materi tentang 35 indikator strata Posyandu, yang merupakan indikator bagi peningkatan strata Posyandu, ditargetkan tahun ini ada 6 Posyandu di wilayah kerja Puskesmas Wanasari sudah menjadi Posyandu Mandiri. (EH)

0 komentar:

Posting Komentar