SELAMAT DATANG DI BLOG PUSKESMAS WANASARI DINKES KAB. BEKASI

Minggu, 05 Juni 2011

PERAN DOKTER INTERNSHIP DI PUSKESMAS WANASARI

Seksi Kepegawaian dan SDM Puskesmas Wanasari

Terhitung semenjak awal bulan Februari 2011, kami kedatangan tenaga dokter Internship sebanyak 5 orang. Dengan luas wilayah kerja Puskesmas yang sangat luas dan jumlah penduduk yang padat, kedatangan dokter2 tersebut merupakan berita yang sangat menggembirakan. Proporsi 30.000 jiwa penduduk mendapatkan 1 orang dokter dapat terpenuhi walau hanya dalam jangka waktu yang tidak lama, karena rencananya masa kerja mereka hanya selama 4 bulan.

Pengabdian mereka di Puskesmas Wanasari sebentar lagi akan berakhir, namun begitu perannya sudah sangat terasa bagi kami. Banyak program2 yang telah beliau2 bantu. Beliau aktif dan dijadwalkan melakukan penyuluhan baik dalam gedung maupun di luar gedung, dan secara bergantian mendapatkan jadwal di BP, KIA, Pustu, dan juga PUSLING (Puskesmas Keliling).

Presentasi dokter Internship
Pada tanggal 1/5/2011 lalu, pada saat Lokakarya Mini Puskesmas, kelima orang dokter Internship memaparkan hasil penelitiannya mengenai Puskesmas Wanasari dengan metode penelitian deskriptif.  5 bagian yang diteliti yaitu mengenai Quality Assurance Puskesmas Wanasari di bagian BP oleh dr.Ricca, KIA oleh dr.Citra, Gizi oleh dr.Mira, Obat oleh dr. Hani, dan Simpus oleh dr.Nila. Beliau2 ini mendapatkan bimbingan dari dr.Salim Jindan yang merupakan dokter penanggung jawab Program Internship Puskesmas Wanasari.

Penyuluhan rutin tiap senin di dalam gedung

Kepala Puskesmas Wanasari, dr. Hj. Erni Herdiani mengatakan, sangat salut dan apresiatif sekali dengan penelititan yang mereka lakukan, dengan pengamatan dan intervensi selama sekitar 4 bulan, beberapa kinerja Puskesmas Wanasari menunjukkan peningkatan yang signifikan. Dan berharap dari Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP) yang juga tergambar dari penelitian para dokter internship ini, target pencapaian PKP Puskesmas Wanasari yang ditetapkan bersama yaitu 80 % atau excellent dapat tercapai.(EH)

0 komentar:

Posting Komentar